Cara Membuat Artikel Dengan Cepat Tanpa Copas

cara-membuat-artikel

Blogger Harus Mengetahui Cara Membuat Artikel

Seorang blogger profesional, dia harus mengetahui cara membuat artikel untuk blognya. Copy paste atau dikenal juga dengan copas, tidak menguntungkan untuk blog Anda. Malah, copas bisa merusak reputasi blog Anda. Anda akan dicap dengan penjiplak atau plagiator. Untuk urusan SEO juga tidak bagus, sebab Google akan lebih mengutamakan blog dengan konten original dibandingkan konten hasil copy paste. Saat ini, Google sudah lebih pintar untuk mendeteksi hal ini.

Salah Kaprah Dengan Semangat Berbagi

Kadang, ada sebagian blogger, dengan semangat berbagi dia copas artikel dari blog orang lain. Alasannya untuk berbagi. Nemarkah mau berbagi? Think again! Jika memang niatnya mau berbagi, ada banyak cara yang lebih baik dan elegan untuk dilakukan.

  1. Setidaknya, cantumkan sumbernya, akan lebih baik dengan backlink hidup. Anda memiliki semangat berbagi, tetapi Anda pelit untuk memberikan seidikit penghargaan kepada penulis konten tersebut dengan cara menyebutkan nama penulis dan websitenya. Aneh!
  2. Tidak usah di copy paste, namun review atau bahas artikel orang lain. Jika Anda setuju, tunjukan dimana setujunya, jika tidak, maka jelaskan bantahannya.
  3. Jika niat Anda memang berbagi, cantumkan link konten tersebut di blog Anda, bisa juga di blogroll.
  4. Jika memang niat mau berbagi, silahkan share artikel yang menarik itu di facebook, twitter, google +, lintasme, dan sebagainya.

Pertanyaanya, Anda mau berbagi atau mau copas?

Jika Anda Belum Mengetahui Cara Membuat Artikel

Jika memang Anda belum memahami cara membuat artikel, ini juga bukan alasan Anda untuk copas. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah belajar membuat artikel. Konsekuensi seorang blogger adalah memiliki kemauan belajar menulis artikel.

Anda akan bisa, jika mau belajar. Anda akan terampil jika mau berlatih. Saya melewati tahunan untuk mengasah kemampuan saya menulis artikel. Tidak langsung bisa, bertahap, mau belajar, dan mau berlatih.

Alternatif lain, jika Anda tidak mau belajar cara membuat artikel adalah dengan membayar orang lain. Ada berbagai cara untuk membayar orang lain:

  1. Gunakan jasa pembuat artikel. Banyak dipasaran.
  2. Rekrut karyawan untuk membantu Anda menulis artikel.
  3. Bisa juga dengan membeli artikel PLR, kemudian Anda modifikasi.

Itulah pilihannya. Belajar membuat artikel atau membayar. Bukan memaksa blogger lain untuk merelakan artikelnya Anda copas. Mandirilah, itu ciri seorang blogger profesional.

Agar Anda Tidak Bingung Membuat Artikel

Cari Ide, Cari Inspirasi

Bingung mau menulis artikel apa? Maka langkah selanjutnya adalah mencari ide dan mencari inspirasi. Bukan mencari artikel untuk dicopas. Ya, Anda harus memiliki kemauan untuk membuka internet, membuak social bookmark, membuka majalah, membuka koran, membuka buku, dan sebagainya untuk mendapatkan ide dan inspirasi.

Ya, harus berusaha. Saya masih melakukannya sampai sekarang. Saya terus mencari dan mencari sampai saya mendapatkan ide. Artikel atau konten orang lain, boleh Anda jadikan bahan ide atau inspirasi, tapi bukan untuk dijiplak.

Ada istilah blog walking, yang Anda “jalan-jalan” menelusuri blog orang lain. Bagaimana mereka menulis artikel, tema apa saja yang sedang hot, dan sebagainya. Saat Anda blog walking, Anda juga bisa sambil memberikan komentar dan menanam backlink dan membangun relasi dengan pemilik blog. Justru, jika Anda copas, dia bisa marah dan membenci Anda. Relasi tidak terbentuk.

Atau Anda juga bisa manfaatkan mesin pencari untuk mencari ide dan inspirasi tulisan. Carilah di Google dengan kata kunci terkait sampil mengintip persaingan. Kemudian baca artikel-artikel pesaing Anda, dan tulislah artikel yang lebih baik dari mereka. Jika Anda copas, Anda tidak akan pernah bisa mengalahkan mereka.

Dan masih banyak cara untuk mencari inspirasi dan ide artikel. Jangan malas. Jadilah profesional.

Berlatihlah

Ada beberapa keahlian yang diperlukan untuk menulis artikel:

  1. Keahlian menyusun kalimat. Ternyata, banyak orang yang tidak bisa menulis artikel, bukan karena tidak ada ide, tetapi karena tidak mampu menyusun kalimat untuk menuangkan idenya. Artinya Anda perlu melatih diri Anda agar bisa menyusun kalimat. Cara membuat artikel yang paling dasar adalah bagaimana menyusun kalimat untuk menuangkan ide Anda.
  2. Keahlian tata baca dan tata bahasa. Setidaknya yang basic dan umum saja. Saya sendiri bukan ahlinya dalam hal ini. Intinya agar tulisan Anda bisa dimengerti oleh orang lain, bukan dengan gaya bahasa sendiri yang tidak karuan.
  3. Cara mengembangkan ide. Salah satu kesulitan penulis pemula, seperti saya dulu, adalah mengembangkan ide. Seringkali mentok saat kita baru menulis beberapa paragraph.
  4. Sistematisasi. Ya, Anda harus mampu menampilkan ide ada secara sistematis sehingga mudah dimengerti oleh pembaca. Jangan loncat-loncat, itu capek baik bagi penulis, apalagi bagi pembaca.

Tidak ada keahlian yang bisa Anda dapatkan kecuali dengan latihan. Tidak ada yang bisa menggantikan latihan secara berulang dan terus menerus. Oleh karena itu, selamat berlatih. Insya Allah kedepan akan disambung dengan teknik-teknik berkaitan cara membuat artikel.

Kesimpulan

Ada dua hal yang diperlukan untuk menulis artikel dengan cepat, yaitu cepat mendapatkan ide dan inspirasi. Semakin banyak yang Anda baca atau semakin luas wawasan Anda, akan semakin cepat Anda menulis artikel karena tidak akan berlama-lama lagi untuk memikirkan apa saja yang akan ditulis.

Yang kedua, semakin sering Anda berlatih, akan semakin cepat Anda menulis artikel. Kecepatan Anda menulis artikel sangat ditentukan sejauh mana Anda keterampilan Anda dalam menulis, menyusun kalimat, mensistematikasikan ide Anda. Termasuk kemampuan mengetik Anda. Itu perlu dilatih.

Jika ada pertanyaan tentang cara membuat artikel, silahkan tuliskan dalam komentar.

Latest Comments
  1. arini keisya

    siip… thanks infonya

  2. budi majid

    kesulitan saya dalam menulis artikel adalah menuangkannya kedalam susunan redaksi bahasa yang rapi dan sistematis..

  3. henro

    idolakerja.com >>>benar bangat tuh mas, saya juga demikian bahkan saya sempatkan waktu satu harian di depan laptop nyari ide untuk bahan postingan. Nice post.

  4. teknisi komputer

    terima kasih tipsnya, sangat membantu saya yang sedang ada niatan membuat blog lagi, tapi masih memikirkan kendala waktu yang sedikit untuk menulis blog dalam jumlah banyak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *