2 Rahasia Cara Mendapatkan Uang Yang Banyak dari Blog Sendiri

cara mendapatkan uang dari blog sendiri

Prinsip Dasar Mendapatkan Uang Dari Blog Sendiri

Seperti biasa, saya suka menjelaskan hal basic, tentang apa pun itu. Sebab, pemahaman yang kuat tentang prinsip dasar, selanjutnya akan mudah. Banyak orang yang bingung melakukan sesuatu karena basicnya lupa bahkan belum pernah dipelajari.

OK, lalu bagaimana prinsip dasar cara mendapatkan yang dari blog sendiri? Mudah, caranya adalah dengan menjual. Ya, hanya jualan yang bisa menghasilkan uang secara legal dan halal. Tentu saja, yang dimaksud jualan disini variasinya sangat banyak.

Blog hanyalah alat. Saya memanfaatkan blog untuk menyampaikan pesan dan mendatangkan orang-orang dari mesin pencari. Artinya ada 2 fungsi yang bisa kita menfaatkan untuk berjualan. Yaitu mendatangkan calon pembeli dan menawarkan apa yang kita punya kepada mereka supaya mereka membeli.

Bagaimana Dengan Google Adsense?

Sama saja. Mendapatkan uang dari Google Adsense, itu termasuk jualan. Anda menjual jasa Anda kepada Google berupa space di blog Anda. Bayarannya sesuai dengan kinerja blog Anda. Setiap Klik dari pengunjung blog Anda kepada iklan, maka Anda akan dibayar.

Google Adsense hanya salah satu cara mendapatkan uang dari Blog Anda. Ada banyak cara lain, sebanyak produk yang bisa Anda jual. Selain Google Adsense, ada banyak program periklanan lain yang bisa Anda ikuti. Temasuk, Anda menjual ruang iklan di blog Anda secara langsung.

Cara Menjual Produk Melalui Blog

Sekarang Anda sudah mulai terbuka, ternyata intinya adalah jualan dan salah satunya adalah produk. Produk apa saja? Semua produk bisa dijual di blog Anda. Baik menjual dengan transaksi jarak jauh maupun harus bertemu dulu sebelumnya.

Produk yang dijual pun bisa produk sendiri maupun produk orang lain. Artinya Anda bisa bekerja sama dengan pemilik produk, kemudian Anda jual di blog Anda dengan keuntungan tertentu.

Ada banyak produk, yang pada dasarnya ada produk fisik seperti buku, herbal, pakaian, peralatan, dan sebagainya. Ada juga produk digital seperti ebook, video, auido, software, data, dan sebagainya.

Peluangnya sangat banyak bukan?

Lalu bagaimana cara menjual produknya?

Pertama kita gunakan blog kita untuk mendapatkan calon pembeli. Caranya dengan membuat posting-posting yang membidik kata kunci tertentu. Kata kunci adalah kata yang digunakan calon pembeli saat mau membeli produk tertentu di mesin pencari (Google).

Tentu saja, blog dan posting kita harus diptimasi agar bisa muncul di Google dan bersaingan dengan blog orang lain muncul di halaman pertama. Blog kita harus muncul di halaman pertama agar mudah ditemukan oleh pencari. Cara optimasi ini disebut dengan SEO (optimasi mesin pencari).

Kedua, setelah posting kita di blog ditemukan, kemudian dibuka, kemudian dibaca, sampai akhirnya calon pembeli membeli produk kita. Artinya, mulai dari judul sampai isi posting Anda harus menjual. Ilmunya disebut copywriting.

Tentu saja akan dibantu alat lain seperti telpon atau BB untuk melakukan transaksi atau janji bertemu Anda sebagai seorang penjual dan calon pembeli Anda.

Cara Menjual Jasa di Blog

Pada dasarnya, menjual jasa sama dengan menjual produk, yaitu melalui 2 langkah diatas: ditemukan dan dibaca, kemudian closing. Tidak ada bedanya, kecuali apa yang Anda jual.

Cara Menjual Produk Afiliasi

Masih menjual produk, tapi produk milik orang lain. Ini kerja sama dengan pemilik produk. Anda biasanya akan mendapatkan link khusus yang bisa dipromosikan. Ada yang menyebut web replika. Saya menyebutnya URL afiliasi. Bentul URLnya beda-beda tergantu software yang digunakan oleh pemilik produk.

Cara menjualnya sedikit berbeda. Posting Anda tetap harus ditemukan dan dibaca, tetapi yang melakukan closing biasanya ada di web pengelola. Enaknya disini, Anda tidak perlu repot melayani order, hanya fokus untuk ditemukan dan dibaca.

Agar Mendapatkan Uang Banyak

Pertanyaanya adalah bagaimana agar mendapatkan uang banyak? Tadi saya menyebutkan 2 langkah yang sangat penting, yaitu ditemukan dan dibaca. Jika blog Anda ingin menghasilkan uang banyak, maka blog Anda harus ditemukan banyak orang dan harus dibaca oleh banyak orang. Harapannya, semakin banyak yang menemukan, maka semakin banyak yang membeli.

Kalau dalam bahasa pemasaran online, SEO dan Copywritingnya harus bagus. Tujuan SEO untuk mendatangkan target pasar Anda. Tujuan Copywriting untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli. SEO untuk mendatangkan traffic (pengunjung) dan Copywiriting untuk menjual (konversi).

Indikasi yang bisa Anda pantau untuk memperbesal hasil adalah jumlah pengunjung dan konversi. Jika jumlah pengunjung kecil, maka tingkatkan. Jika konversi masih kecil, maka tingkatkan.

Ingin belajar lebih jauh?

Ikuti Personal Coaching Blogging saya atau bisa mempelajari eBook Basic Action Power. Kedua hal diatas (SEO dan copywriting) dibahas pada kedua program saya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *