Cara Mendatangkan Kunjungan Ke Blog Anda Tanpa SEO

Ada Banyak Cara Mendatangkan Kunjungan

Cara mendatangkan pengunjungBlog adalah cara mendatangkan kunjungan ke website Anda, salah satunya dengan SEO (optimasi mesin pencari). Namun demikian, ada sebagian orang yang tidak menyukai SEO karena waktu untuk mendatangkan pengunjung cukup lama dan membuat pusing kepala karena banyak perubahan dari mesin pencari, terutama Google.

Lalu bagaimana solusinya agar kita tidak tergantung lagi pada Google?

Jawabannya adalah daya ungkit sumber pengunjung lain. Ada banyak sumber pengunjung yang bisa kita manfaatkan, agar blog kita menjadi ramai.

Jangan Pikirkan Mesin Pencari, Tapi …

Jika memang Anda tidak mau atau sudah capek dengan SEO, maka lupakan mesin pencari dengan segala algoritmanya. Yang paling membuat pusing bukan pada algoritmanya, tetapi perubahan algoritma yang terjadi terus-menerus. Website yang tadinya ramai pengunjung, mendadak menjadi sepi. Website baru, begitu sulit untuk menembus halaman pertama, bahkan ada website yang lenyap dari mesin pencari alias deindex.

OK, sekarang kita bisa mulai melupakan itu (jika mau), tapi jangan melupakan semuanya. Meski pun kita tidak lagi mengandalkan mesin pencari, namun ada sedikit SEO yang mudah dan bisa Anda lakukan, serta tetap memberikan manfaat, yaitu riset kata kunci. Caranya mudah, Anda bisa memanfaatkan Google Keyword Tool. Tujuannya supaya kita mengetahui, apa sich yang di cari orang.

Riset kata kunci ini bermanfaat:

  1. Kita menulis posting yang memang dicari dan akan memberikan manfaat (ini kuncinya)
  2. Kalau pun kita tidak menggunakan SEO, namun ada peluang mendapatkan kunjungan dari Google (anggap sebagai bonus)

Riset kata kunci pun tidak perlu ribet, hanya mengetahui saja, apa yang banyak dicari orang, itu saja. Persaingan? Lupakan saja.

Metode Ini Bisa Digabungkan Dengan SEO

Bagi Anda yang sudah jago SEO, tidak apa-apa, Anda tetap bisa mendapatkan manfaat dari metode ini. Kombinasi dengan SEO sangat bagus, dan akan memberikan keuntungan lebih.

Bahkan metode yang akan dibahas disini, akan memperkuat usaha SEO Anda, tidak saling bertentangan. Jadi silahkan, bagi Anda yang jago SEO untuk menerapkan metode ini.

3 Pilar Blogging Tanpa SEO

Ada tiga pilar yang harus Anda miliki agar blog Anda ramai pengunjung. Tiga pilar ini relatif mudah, lebih mudah daripada SEO yang terus berubah.

Pilar Pertama: Konten Berkualitas

Orang akan datang ke Blog Anda jika blog Anda memiliki konten yang berkualitas. Dan, mereka akan kembali lagi jika mereka merasakan manfaat dari blog Anda. Jadi, mulai sekarang fokuskan untuk membuat konten yang berkualitas. Jangan asal-asalan, apalagi konten copy paste yang sudah banyak tersebar di internet.

Kuncinya adalah Anda menulis konten untuk manusia, bukan untuk robot. Fokuskan untuk memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada pembaca blog Anda. Supaya mereka tetap membaca blog Anda, kembali lagi nanti, dan yang lebih penting adalah mereka akan menjadi “pemasar” blog kita.

Tidak bisa menulis konten? Mulai sekarang, belajarlah. Lupakan copy paste, sebab ada 3 kerugian dari copy paste:

  1. Anda akan kehilangan peluang mendapatkan kunjungan dari mesin pencari, mereka tahu kalau Anda copy paste.
  2. Anda tidak akan memiliki motivasi untuk belajar konten sendiri.
  3. Anda akan kehilangan respek dari pemilik blog asli, dan ini sangat penting karena berkaitan dengan Pilar Kedua.

Pilar Kedua: Bangun Komunitas

Ya, Anda harus membangun komunitas. Ini yang sering dilupakan, padahal sangat penting.  Komunitas yang perlu dibangun ada dua, yaitu:

  1. Komunitas sesama blogger, terutama untuk tema yang sejenis. Anda bisa bergabung dengan Indonesia Blogger untuk membangun komunitas sesama blogger.
  2. Komunitas pembaca atau bisa juga disebut audiens. Caranya, di blog Anda harus bisa menangkap audiens, caranya banyak, bisa dengan mailing list, facebook, twitter, RSS Feed, dan follower blogsphare. Sudahkah blog Anda dipasang salah satunya? Blog ini ditampilkan Facebook dan tentu saja RSS sudah otomatis.

Sesama blogger Anda bisa saling membantu, saling share, dan sebagainya. Sementara audiens adalah pembaca blog setia Anda. Mereka akan terus membaca blog Anda dan semakin lama semakin banyak. Bukankah ketergantungan Anda terhadap mesin pencari mulai berkurang?

Audiens yang dibangun melalui sosial media seperti Facebook dan twitter cukup strategis, sebab viral marketing terjadi. Komunitas Anda akan tumbuh dan pembaca blog Anda akan semakin banyak.

Pilar Ketiga: Konsistensi

Nah ini yang belum dimiliki Membuat Blog Pro, maklum masih dalam tahap pengembangan dan saya fokus di blog lain. Namun, blog saya yang lain, saya cukup konsisten menulis artikel atau konten yang berkualitas. Hasilnya lumayan, pengunjung saya relatif stabil, tidak peduli dengan Google.

Anda harus konsisten, apakah menulis blog setiap hari atau setiap minggu? Jangan terlalu jarang, biar audiens Anda tidak lupa. Anda bisa konsisten jika memiliki komunitas sesama blogger. Bukan untuk copas, tetapi Anda akan mendapatkan banyak inspirasi dari sesama blogger.

Kesimpulan

Jadi, jika blog Anda ingin nambah pengunjung, baik dengan SEO maupun tanpa SEO, silahkan bangun ketiga pilar ini. Buat tulisan yang berkualitas, bangun komunitas dan audiens, dan yang ketiga jaga konsistensi Anda. Inilah cara mendatangkan pengunjung ke blog Anda yang terus bertambah.

Latest Comments
  1. fajar inggit

    terima kasih pak atas semua infonya sip blognya jadi pingin sperti blog nya bapak
    by the way ini blog saya http://oalaoali.blogspot.com/
    mohon diberikan tips trik biar blog saya banyak pengujungnya
    terima kasih

  2. mumulala

    terima kasih dan salam kenal pak dari mumulala.blogspot.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *