Cara Menghasilkan Uang dengan Blog Bahasa Indonesia

Mau tau Cara Menghasilkan Uang dengan Blog?

Banyak sebenarnya, bahkan dengan apa yang Anda lakukan sekarang mungkin bisa menghasilkan uang.

Pekerjaan, keahlian, pengalaman, dan ilmu Anda ditambah kemampuan blogging bisa menghasilkan uang (uang).

Jadi, ngeblog itu sakti.

Bisa menjadi sumber pemasukan baru atau memperkuat pemasukan yang sudah ada.

Cara Menghasilkan Uang dengan Blog

Prinsip Dasar Cara Menghasilkan Uang dengan Blog

Jika Anda memahami prinsip dasar Cara Menghasilkan Uang dengan Blog, maka cara Anda menghasilkan uang dengan blog jadi tidak terbatas, Anda bisa mengembangkan metode sendiri.

Cara menghasilkan uang dengan blog pada dasarnya sama dengan cara menghasilkan pada umumnya. Tentu saja ada yang spesial berkaitan dengan keistimewaan blog.

Prinsip #1: Blog adalah Alat

Cara menghasilkan uang dengan blog artinya menggunakan blog sebagai alat untuk menghasilkan uang. Ini yang harus kita fahami, bahwa blog itu alat, bukan segalanya. Bagaimana Anda bisa menghasilkan uang dari blog, artinya Anda harus bisa memanfaatkan sebuah blog.

Punya blog itu bisa menghasilkan uang bisa tidak. Seperti Anda punya motor, bisa menghasilkan uang bisa juga tidak. Jika Anda memanfaatkan motor untuk menghasilkan uang, maka akan dapat uang. Jika hanya disimpan atau hanya untuk sekedar iseng, Anda tidak akan menghasilkan uang.

Dengan pemahaman bahwa blog itu alat, maka kita harus mengetahui manfaat dan fungsi blog, terutama berkaitan dengan uang. Setelah mengetahuinya, kemudian kita akan bisa memanfaatkan blog untuk menghasilkan uang.

Lalu apa saja fungsi blog?

  1. Menyampaikan informasi yang bisa diakses secara online.
  2. Mendatangkan banyak orang yang membaca blog kita jika dikombinasikan dengan teknik SEO.
  3. Media komunikasi 2 arah dengan pembaca.

Lalu, dari 3 fungsi ini kita bisa kembangkan ke banyak ide lainnya untuk menghasilkan uang. Nanti kita akan bahas.

Prinsip #2: Menghasilkan Uang Selalu Berkaitan Dengan Menjual/Pemasaran

Menghasilkan uang itu tidak pernah lepas dengan jualan atau pemasaran pada umumnya. Jika Anda mau menghasilkan uang dengan blog, artinya kita akan memanfaatkan blog sebagai alat untuk menjual atau memasarkan produk atau jasa.

Anda tidak akan bisa lepas dari ini. Entah itu produk sendiri atau produk orang lain. Entah yang jualan itu Anda sendiri atau orang lain. Anda akan selalu berhubungan.

Ini yang harus menjadi mindset bahwa menghasilkan uang dengan blog itu akan selalu berkaitan dengan produk dan jasa. Artinya kita tidak bisa sembarangkan membuat blog dimana tidak berkaitan dengan produk atau jasa tertentu.

Kalau blog Anda ingin menghasilkan uang, ada baiknya membuat blog dengan tema yang berkaitan dengan industri atau ceruk pasar tertentu yang secara ekonomi memiliki potensi yang bagus.

Jadi dari dua prinsip ini, bahwa blog adalah alat pemasaran. Saya sudah menulis panduan tentang peran blog dalam pemasaran yang bisa Anda baca disini.

Contoh Cara Menghasilkan Uang Dengan Blog

Saya akan jelaskan berbagai contoh mendapatkan uang dengan ngeblog. Saya sebutkan contoh, karena hanya sebagian kecil yang bisa ditulis disini. Pada dasarnya Anda bisa mendapatkan berbagai ide-ide lain menghasilkan uang dengan blog.

Program Periklan

Program periklanan adalah salah cara menghasilkan uang dengan blog Anda. Tentu saja Anda akan menghasilkan uang jika pengunjung blog Anda sudah cukup banyak, karena bayarannya akan berhubungan dengan kinerja blog. Jika pengunjungnya ramai, bayarannya akan lebih besar.

Ada model cara mendapatkan uang dengan iklan:

  1. Anda bekerja sama dengan perusahaan yang bergerak diperiklanan. Contoh paling populer adalah Google dengan programnya Google Adsense, dimana Anda memasang iklan Google Adsense di blog Anda. Anda akan dibayar berdasarkan jumlah kunjungan yang Anda kirim ke website pemasang iklan.
  2. Anda bekerja sama langsung dengan pengiklan, tidak melalui pihak ketiga. Jika blog Anda sudah cukup ramai, maka akan banyak orang yang tertarik memasang iklan di blog Anda. Harga iklan akan sesuai dengan jumlah pengunjung dan industri blog Anda.

Menghasilkan uang dengan program periklanan akan memberikan hasil yang signifikan jika Anda sudah memiliki blog dengan pengunjung yang banyak. Minimal sudah ribuan kunjungan per hari.

Jika Anda mau menghasilkan uang dengan cara ini, maka fokus Anda adalah mendatangkan pengunjung sebanyak mungkin ke blog Anda.

Cara mendatangkan kunjungan ke blog bisa dengan SEO atau cara lain yang bisa Anda baca di panduan ini.

Jika Anda mau bermain Google Adsense atau program periklanan lainnya, saya sarankan Anda untuk mempelajari SEO.

Menjual Produk/Jasa Sendiri

Cara menghasilkan uang dengan blog tentu saja tidak bisa melewatkan cara ini, yaitu menjual produk dan jasa sendiri. Silahkan baca artikel tentang peran blog dalam pemasaran, bahwa blog bisa digunakan untuk menjual produk atau jasa Anda secara langsung atau untuk membangun brand (merk).

Mana yang lebih penting menjual langsung dengan membangun brand? Keduanya adalah penting, maka lakukan keduanya. Buatlah blog untuk menjual produk atau jasa Anda sekaligus membangun brand. Itu bisa dilakukan dengan menggunakan blog.

Blog Untuk Profesional

Termasuk jika Anda menjual jasa pribadi sebagai profesional seperti pengacara, akuntan, pembicara, trainer, termasuk distributor MLM, Anda bisa memanfaatkan blog untuk memasarkan jasa Anda.

Sebenarnya, garis besarnya sama. Hanya saja, untuk seorang profesional ada strategi khusus yang bisa digunakan. Terutama berkaitan dengan personal branding. Blog bisa digunakan sebagai alat membangun personal branding.

Saya sudah menulis panduan berkaitan dengan personal branding:

Produk Apa Saja Yang Bisa Dijual?

Pada dasarnya semua produk bisa dijual di blog Anda. Baik itu produk yang bisa dikirim jarak jauh atau produk-produk yang membutuhkan ketemuan atau presentasi sebelumnya.

Jadi cukup fleksible, tergantung produknya.

Bagaimana Cara Memasarkan Produk di Blog

Banyak sekali sebenarnya dan caranya sederhana. Anda bisa memanfaatkan blog sebagai berikut:

  1. Membuat posting di blog Anda berkaitan dengan manfaat produk.
  2. Membuat review tentang produk Anda.
  3. Menceritakan manfaat produk yang dirasakan oleh pembeli sebelumnya.
  4. Menjual secara langsung dengan membuat posting yang menawarkan.
  5. Membuat artikel yang berkaitan dengan masalah dan menjelaskan bahwa produk Anda adalah solusinya.
  6. Membuat posting berbagai artikel yang membidik target pasar produk Anda.
  7. Membuat berbagai posting yang mengangkat brand Anda.
  8. dan sebagainya.

Untuk menjual jasa pun, kira-kira sama.

Yang jangan dilupakan adalah bagaimana Anda mendatangkan pengunjung yang banyak ke blog Anda dengan teknik SEO dan cara mendatangkan pengunjung lainnya.

Menjual Produk/Jasa Orang Lain

Pada dasarnya menjual produk atau jasa orang lain sama dengan menjual produk atau jasa orang lain. Bahkan bila Anda menjual produk orang lain dengan sistem reseller, artinya Anda membeli dulu, kemudian mencoba dulu, dan merasakan manfaatnya, maka cara menjualnya sama persis.

Review produk menjadi sebuah teknik ampuh dalam pemasaran dengan blog. Yang menjadi catatan adalah saya tidak mau menceritakan seolah saya sudah merasakan sendiri manfaat sebuah produk atau jasa padahal belum sama sekali. Menurut saya ini sebuah kebohongan.

Adalah hal yang wajar dan boleh-boleh saja menjual produk orang lain selama menjualnya tidak berbohong. Anda bisa menjelaskan manfaat, fitur, dan kelebihan produk berdasarkan informasi dari pembuatnya, tanpa harus berbohong.

Untuk itu Anda perlu memiliki product knowledge yang cukup agar bisa menjual produk orang lain. Pelajari dulu manfaat, fitur, dan kelebihan produk tersebut. Kemudian pelajari siapa saja target pasarnya. Setelah itu Anda bisa membuat blog post yang menawarkan atau memasarkan produk tersebut.

Jika seandainya produk yang mau Anda jual harganya cukup terjangkau, akan lebih baik jika Anda coba dulu dan rasakan dulu manfaatnya sampai Anda 100% yakin berkaitan produk tersebut. Dengan cara ini Anda akan menjual lebih leluasa dan lebih nyaman serta tingkat konversinya lebih tinggi.

Menjalankan Bisnis MLM Dengan Blog

OK, yang saya bahas disini adalah MLM yang benar, sudah terdaftar APLI dan Dewan Syariah Nasional, bukan money game yang ngaku-ngaku MLM.

Dengan ngeblog, Anda bisa menjalankan bisnis MLM tanpa harus takut penolakan. Berbeda jika Anda harus berhadapan atau tatap muda, penolakan bisa terasa menyakitkan. Buktinya banyak orang kapok setelah ditolak.

Anda tidak perlu mengejar-ngejar orang, tetapi Anda akan diatangi oleh orang yang mungkin tertarik dengan bisnis MLM Anda.

Strategi menjalankan bisnis MLM dengan blog:

  1. Bangun personal brand Anda dengan blog (lihat link diatas).
  2. Terapkan salah satu strategi menjalankan MLM pada artikel ini.

Masih banyak cara menghasilkan uang dengan blog, apa yang ditulis diatas hanyalah contoh atau garis besar menghasilkan uang dengan blog.

Cara Menghasilkan Uang Dengan Blog Yang Sukses

Ada 2 kunci bagaimana agar Anda menghasilkan uang banyak dari blog.

Yang pertama: Blog Anda punya banyak pengunjung, caranya: blog Anda mudah ditemukan di mesin pencari dan/atau gunakan teknik mendatangkan pengunjung lainnya.

Yang kedua: konversi pengunjung menjadi pembeli yang tinggi. Ini berkaitan dengan teknik menulis Anda, bagaimana orang menjadi tertarik dan percaya untuk membeli produk atau jasa dari Anda.

Jika berkaitan dengan Google Adsense atau program periklanan lain, bagaimana konversi pengunjung yang kemudian mengklik iklan yang terpasang (CTR).

Intinya adalah: jumlah pengunjung + konversi = sukses.

Tingkatkan pengunjung dan konversi maka akan semakin besar peluang Anda sukses atau menghasilkan uang lebih banyak. Baik meningkatkan pengunjung dan meningkatkan konversi semuanya ada ilmunya, in syaa Allah akan terus dibahas di blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *